Lomba Menggambar Piala Dinas Pendidikan Kota Batam

2 Pelajar Batu Aji Rebut Juara Umum
foto/ist
BATAM, TRIBUN - Lomba Menggambar dan Mewarnai memperebutkan Piala Dinas Pendidikan Kota Batam tingkat Sekolah Dasar berakhir. Dua siswa SD Batu Aji tampil sebagai juara umum untuk masing-masing kategori.

Lomba yang digelaran tahun di DC Mall Nagoya ini, menampilkan 44 finalis untuk kedua kategori yakni Kelas 1 sampai 3 untuk Kategori A, dan kelas 4-6 untuk Kategori B.

Untuk Kategori A, juara I sekaligus juara umum diraih M Al Amin dari SD Mutadin Plus, Batuaji.
Gambar yang dibuat siswa kelas II ini menjadi pilihan tiga dewan juri, M Nur SPd selaku Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Batam, Sudarsono (Persatuan Pelukis Batam) dan Mairi Nandarson dari Tribun Batam.
(sn)


“Gambar Al Amin sesuai tema, menarik, kuat dalam pewarnaan,” kata Sudarsono.
Tampil sebagai pemenang kedua dan ketiga, Yuananda dari SD IT Darusalam 01 dan Shiny dari SDII Lukman Al Hakim.

Untuk kategori B, gambar siswi SDM 003 Batuaji, Nur Aisyah Putri tampil sebagai juara pertama. Gambar Nur Aisyah oleh dewan juri unggul tipis dari gambar milik Zalza AR dari SDII Lukman Al Hakim dan Roza Anggraini dari SDN 006 Sagulung yang menjadi juara kedua dan ketiga dalam lomba ini. Nur Aisyah, selain mendapat hadiah dan piala sebagai juara pertama, juga berhak atas trofi Dinas Pendidikan sebagai juara umum.

Seperti tahun lalu, peserta finalis baru diberitahu tema saat lomba akan dimulai. Cecilia Meiliyana, ketua panitia pelaksana lomba mengatakan, pemberitahuan tema saat lomba akan dimulai untuk melatih anak mandiri. “Kita baru beritahu tema kepada finalis saat mereka akan mulai menggambar. Kita berharap anak-anak mandiri untuk berkreasi.

Masih banyak orangtua yang membantu anaknya bila tema diberitahu lebih awal. Sehingga gambar-gambar yang dihasilkan anak menjadi gambar hafalan. Kita tidak mau itu terjadi,” ujar Cecilia kepada Tribun.

Melihat karya-karya peserta finalis dari puluhan peserta yang ikut pekan lalu di babak penyisihan, M Nur, S.Pd dari Dinas Pendidikan Kota Batam, melihat ada perkembangan positif dalam kemampuan anak-anak SD khususnya di bidang seni lukis.

“Ini perkembangan yang menggembirakan, mudah-mudahan terus berkembang dan mereka bisa menjadi wakil Batam untuk event yang sama di level yang lebih besar,” katanya. Ia berharap, event-event sama bisa digelar lebih banyak, dan Dinas Pendidikan akan memberikan dukungan penuh, untuk kegiatan positif bagi perkembangan kreatifitas anak ini. Sumber Tribun BAtam, 30 November 09(sn)
Previous
Next Post »
0 Komentar